Categories
Blog

Cetak Kader Unggul, Adaptif, dan Transformatif, PMII Komisariat Airlangga Surabaya Gelar Mapaba Raya

Dalam upaya mencetak kader-kader yang unggul, adaptif, dan transformatif di tengah disrupsi teknologi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Airlangga, Surabaya, menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) Raya, pada tanggal 14 sampai dengan 15 September 2024.

MAPABA Raya yang berlangsung di kantor MWCNU Sukolilo tersebut, diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta, baik yang berasal dari tujuh rayon PMII Komisariat Airlangga, diantaranya Rayon Humaniora, Rayon Hukum, Rayon Vokasi, Rayon Ekonomi, Rayon Fisip, Rayon Kampus C, dan Rayon Kesehatan, maupun sejumlah peserta eksternal dari Universitas Negeri Surabaya, serta Institut Ahmad Dahlan Probolinggo.

Selain itu, MAPABA Raya kali ini mengusung tema “Membangun Karakter Insan yang Unggul, Aktif, Adaptif, dan Transformatif terhadap Disrupsi Teknologi”.

Ketua Panitia MAPABA Raya, Deri Bayu Setiawan menyampaikan bahwa masa penerimaan tersebut merupakan gerbang awal mahasiswa Universitas Airlangga yang berminat menjadi bagian dari PMII Komisariat Airlangga. 

“MAPABA Raya merupakan langkah pertama bagi peserta untuk berproses di PMII, hal ini yang mendasari diadakannya MAPABA Raya. Tidak hanya itu masa penerimaan anggota baru juga merupakan kaderisasi formal yang diinisiasi oleh Komisariat Airlangga untuk melatih profesionalitas calon kader PMII,” ucap Deri saat diwawancarai pada Minggu, (15/9/2024). 

“Selaras dengan tema yang telah kami usung, harapannya, Mapaba menjadi kawah candradimuka yang dapat mencetak kader unggul, adaptif, sekaligus transformatif di tengah era disrupsi teknologi,” imbuh Deri

Lebih lanjut, Deri mengungkapkan, agenda MAPABA Raya kali ini berlangsung lancar dan khidmat, mulai dari pembukaan sampai pada prosesi pembaiatan.

“Alhamdulillah agenda MAPABA Raya kali ini dapat dikatakan berjalan lancar dan khidmat. Mulai dari pembukaan, sampai dengan penutupan. Para peserta juga mengikuti secara tertib materi yang diberikan,” ungkap Deri.

Sementara itu, Ketua Rayon Ekonomi Airlangga (Elang), Mujahid Abdullah berharap MAPABA Raya 2024 ini dapat melahirkan kader-kader yang militan terhadap PMII, serta dapat memberikan ruang kepada para kader untuk berproses.

Sedangkan salah satu peserta, Netta Farania menuturkan, acara MAPABA Raya berlangsung sangat menyenangkan dan banyak antusias dari para peserta.

“Saya merasa senang dan antusias dalam mengikuti beberapa materi yang ada pada MAPABA Raya kali ini, karena menurut saya materi yang disampaikan sangat berguna untuk menggali soft skill saya, dan beberapa materi juga berlandaskan keagamaan,” tuturnya.